FAKTA TENTANG TERAPI VITAMIN

Oksidan adalah zat-zat beracun yang menyerang sel-sel organ tubuh kita, disebut juga radikal bebas. Penelitian membuktikan bahwa kerja sama vitamin dengan antioksidan tubuh dapat mengalahkan kekuatan jahat oksidan, sehingga dapat berfungsi menangkal radikal bebas dan menghambat penuaan. Antioksidan dibentuk dalam tubuh lewat kerja sama vitamin C, E, dan provitamin A atau betakaroten serta mineral selenium.

Vitamin A sangat esensial untuk regenerasi kulit, rambut, kuku dan tulang. Retinyl palmitat adalah bentuk pertama vitamin A yang telah terbukti dapat meremajakan kulit.

Vitamin E melindungi sel-sel kulit akibat radikal bebas, melindungi kerusakan DNA sel-sel kulit sehingga dapat mencegah terjadinya kanker kulit, meningkatkan regenerasi sel-sel kulit, dan dapat mencegah kerusakan serabut kolagen dan elastin yang memicu terjadinya penuaan/ aging. Vitamin E juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, peradangan dan pembentukan jaringan parut, serta dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Antioksidan dan vitamin C berfungsi dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi. Secara keseluruhan manfaat yang dapat langsung dirasakan tubuh menjadi lebih bugar dan tak mudah lelah. Selain itu vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka parut atau bekas jerawat/acne scar. Terapi vitamin C ini pada dasarnya dapat menghambat pembentukan melanin yang terlalu banyak pada kulit sehingga mencegah timbulnya flek, serta merangsang pembentukan kolagen. Dalam jangka panjang, perawatan dengan vitamin C dan antioksidan tinggi juga dapat melindungi penggunanya dari bahaya radikal bebas, menjadikan kulit lebih lembap, kencang, garis halus dan kerutan berkurang serta kulit lebih cerah dan awet muda.

Pada dasarnya vitamin C dapat dimasukkan ke dalam tubuh melalui lima cara. Pertama, dengan cara dioleskan lewat produk-produk skin care. Riset membuktikan bahwa barier pertahanan kulit kita menyebabkan sulitnya vitamin diserap oleh kulit sehingga efek yang dihasilkan seringkali kurang memuaskan. Oleh sebab itu, diperlukan produk skin care berkualitas yang memiliki formulasi tepat dan mengikuti perkembangan riset terkini, sehingga efek dari terapi vitamin yang maksimal dapat dicapai. Kedua, diminum dalam bentuk suplemen namun hasil yang ingin dicapai seringkali tergantung pada dosis yang dikonsumsi. Ketiga, dengan cara disuntikan ke kulit setempat dan hasilnya hanya akan bekerja di seputar area yang disuntik saja dan yang keempat, dengan cara diinfus melalui pembuluh darah yang belakangan ini sedang marak dilakukan. Namun satu hal yang perlu diperhatikan yaitu karena dosisnya yang tinggi, biasanya dianjurkan untuk dilakukan pemeriksaan ginjal terlebih dahulu. Kalau ada endapan di dalam ginjal, dikhawatirkan akan memicu munculnya batu ginjal yang malahan akan berakibat fatal. Yang terakhir dan terkini adalah pemberian vitamin menggunakan teknologi iontophoresis dan ultrasound, sehingga memungkinkan vitamin dan antioksidan untuk dapat diserap langsung oleh kulit tanpa menggunakan suntikan (no- needle mesotherapy).

MANFAAT VITAMIN DAN ANTIOKSIDAN PADA KULIT

- Regenerasi sel- sel kulit mati menghasilkan kulit yang lebih cerah dan warna yang merata
- Jaringan kulit yang sehat menampilkan kulit lebih rata, halus dan kenyal
- Melembabkan kulit, meningkatkan kandungan air sehingga mengurangi kerutan
- Produksi melanin/zat pigmen yang seimbang mencegah masalah flek kehitaman. Vitamin A bila digunakan bersamaan dengan vitamin C akan menekan produksi melanin sehingga dapat menghilangkan flek
- Meningkatkan peredaran darah ke seluruh lapisan kulit, sehingga kulit dapat memperoleh nutrisi dan oksigen yang cukup, dan mencegah timbulnya pembuluh darah pecah / teleangiekstasia
- Memperbaiki struktur kulit yang rusak akibat sinar UV
- Memperbaiki kerusakan kolagen dan jaringan akibat penuaan dini
- Menghilangkan lubang bekas jerawat dan scar
- Menormalisasi produksi kelenjar minyak dan mengangkat kulit mati yang menumpuk di lapisan atas yang dapat mengakibatkan jerawat
- Mencegah kanker kulit

0 comments: